Thursday, June 3, 2010

Mengenal Teknologi EV-DO | Evolution Data Only

Tags

EVDO atau dikenal juga dengan nama EV-DO, 1x EvDo dan 1xEVDO adalah ukuran untuk kecepatan tinggi Broadband. EVDO merupakan kepanjangan dari “Evolution Data Only" atau "Evolution, Data Optimized”. Nama resmi, yang ditegaskan oleh ITU (International Telecommunications Union), ialah "CDMA2000, High Rate Packet Data Air Interface" merupakan salah satu dari dua pokok standar wireless dalam Third Generation atau 3G. Standar kompetisi saat ini dikenal dengan W-CDMA.
3G dirancang untuk menyediakan layanan suara (voice) dan data dengan kecepatan tinggi melalui jalur selular yang telah terbukti bekerja dengan bagus pada jaringan telepon mobile. Keluhan yang paling banyak dalam penyediaan koneksi data dengan kecepatan tinggi adalah kekurangan bandwidth atau tingkat nada frekuensi yang dapat dipakai. EVDO adalah teknologi maju CDMA yang dikembangkan oleh Qualcomm untuk masalah dengan keterbatasan ini. Bentuk pertama EV-DO dikembangkan oleh Qualcomm pada 1999 guna memenuhi persyaratan IMT-2000 (International Mobile Telecommunications) yang lebih besar daripada 2 Mbit/second downlink untuk komunikasi yang tak bergerak. Awalnya, ukuran ini dianggap HDR (High Data Rate).
Dibandingkan dengan the EDGE jaringan yang dikembangkan oleh GSM, EV-DO menampilkan jaringan CDMA2000 secara signifikan lebih cepat, menyediakan akses perangkat mobile dengan kecepatan udara antarmuka hingga 2,4 Mbps. Kecepatan ini menyamai dengan kecepatan koneksi ADSL dan koneksi Cable Broadband saat ini yang tersedia di Amerika. Qualcomm sudah melakukan demonstrasi mengesankan akan kemampuan EVDO, di dalam suatu konferensi video yang diadakan dengan seorang peserta yang sedang bepergian di dalam mobil dengan kecepatan 60 mil per jam (96 km/jam). Di dalam demonstrasi lain peserta menggunakan telepon di dalam kereta api dengan kecepatan melebihi 150 mil per jam (240 km/jam.
Keuntungan signifikan lebih bersaing teknologi EVDO adalah menggunakan frekuensi broadcast yang sama dengan jaringan CDMA (Code Division Multiple Access). Hal ini dapat menurunkan biaya pengembangan dan pemakaian jaringan-jaringan baru. Kebanyakan pengembangan teknologi EVDO di Amerika dilakukan oleh Verizon dan Sprint, dan juga ada jaringan besar di Korea. Saat ini W-CDMA 3G merupakan standar terpilih di pasar Eropa dan Asia atau lainnya. Anda dapat menikmati layanan EVDO ini di Indonesia melalui jaringan operator Mobile 8 (Fren). Informasi lebih lanjut tentang operator ini, silakan mengunjungi situs http://www.mobile-8.com/fren/id/products/fren. (fir)

Sumber: CBN

1 comments so far

Silahkan isi komentar anda disini..!
EmoticonEmoticon