Thursday, May 6, 2010

Menjadikan Sony Ericsson G502 Sebagai Modem Internet

Melanjutkan tutorial seputar koneksi internet sebelumnya, khususnya penggunaan ponsel sebagai modem, sekarang saya coba menuliskan hasil uji coba ponsel SE G502 sebagai modem. Sebelumnya saya juga pernah menuliskan penggunaan ponsel Sony Ericsson sebagai modem, seperti SE K750, Z520i, dan Z550i. Untuk menambah koleksi seputar ponsel Sony Ericsson, sekarang giliran seri G502 (seperti ponsel lainnya, ponsel yang dicoba ini adalah juga dapet pinjeman dari temen).

Berbeda dengan ponsel SE sebelumnya, di sini saya gunakan software SE PC Suite versi 5.009.00 dan kartu GSM IM3 dengan pulsa internet-nya. Sedangkan untuk kabel data, saya gunakan DCU-60 original.

Langsung saja saya mulai, pertama jelas kita install terlebih dahulu SE PC Suite kemudian sambungkan ponsel SE G502 ke PC/laptop. Buka aplikasi SE PC Suite dan pastikan ponsel telah terdeteksi oleh PC Suite. Setelah terdeteksi, masuk ke menu Internet Connection (kolom kiri), lakukan seting koneksi dengan memilih Manage your connections (kolom kanan bagian paling akhir/bawah).

Setelah itu kita akan dipandu masuk ke panel setup koneksi internet (Internet Connection Wizard). Ikuti langkah-langkahnya (dengan menekan tombol Next).

Beri nama koneksi yang akan kita buat (karena saya pake IM3, maka saya beri nama IM3 Internet), untuk bagian Country dan Service Provider saya kosongkan, karena saya ingin melakukan seting manual sesuai parameter yang ada untuk kartu IM3 saya. Masuk ke jenis jaringan saya pilih UMTS (saya pilih yang paling tinggi, jadi bisa memaksimalkan jaringan yang ada dan yang mampu disupport oleh IM3 dan ponsel SE yang digunakan, walaupun sebenernya IM3 sendiri support sampai di GPRS saja).

Tahap selanjutnya adalah memasukan parameter berdasarkan kartu yang digunakan, untuk contoh di sini saya pakai IM3 pulsa internet, maka pada kolom User name diisi dengan ‘indosat@durasi’, password sama yaitu ‘indosat@durasi’, sedangkan APN diisi dengan ‘indosatgprs’. Untuk pengguna kartu selain IM3 silakan isikan sesuai parameter kartunya.

Untuk langkah berikutnya, ikuti sesuai dengan defaultnya, seperti Context ID, PDP Type, dan IP Address. Sedangkan untuk DNS, kita bisa merubahnya (jika ingin menggunakan default dari operator berarti dikosongkan saja, tapi jika ingin menggunakan OpenDNS, maka masukan 208.67.222.222 pada DNS dan 208.67.220.220 pada DNS auxiliary. Untuk fall-back connection, isikan sesuai defaultnya (No).

Sampai di sini proses setup telah selesai, dan pada bagian Manage Connections akan muncul ikon koneksi IM3 Internet. Lakukan koneksi dengan klik dua kali pada ikon tersebut, jika berhasil, maka akan muncul tanda Connected.

Berdasarkan hasil pengujian dengan Speedtest.net di tempat saya melakukan koneksi ini (harap diingat, bahwa beda tempat bisa menunjukkan hasil yang berbeda, sesuai kondisi jaringannya) didapat hasil, kecepatan download adalah 0,04Mbps (40Kbps) dan upload 0.03Mbps (30Kbps).

Oke, demikian informasi tutorial tentang penggunaan ponsel SE G502 sebagai modem untuk akses internet, semoga bermanfaat.

sumber ; ariawijaya.com

Silahkan isi komentar anda disini..!
EmoticonEmoticon