Monday, July 6, 2009

Cara Menyusun Kalimat dalam Bahasa Jepang

Tags

Urutan kalimat jepang: subyek-obyek-predikat. Saya TV nonton, saya nasi makan.

Atau juga bisa digunakan
obyek-subyek-predikat. TV saya nonton. Nasi saya makan.
Sepanjang predikat atau kata kerja diletakkan di belakang.
Untuk mengetahui mana subyek dan mana obyek, maka digunakan partikel ""ga"" untuk subyek dan partikel"" o"" untuk obyek. Misalnya --->> Mary mengundang John.
  • Mari ga Jon o sasotta.
  • Jon o Mari ga sasotta.
PARTIKEL.
  1. "ga" Menunjukan subyek kalimat "Jon ga kita.(John datang.)"
  2. "O" Menunjukan obyek langsung kalimat "Mari ga Jon o sasotta. (Mary mengundang John.)"
  3. "kara" Menunjukan awal kegiatan (dari) "Ku-ji kara benkyo shita. (Saya belajar dari jam 9:00.)"
  4. "made" Menunjukan akhir kegiatan (sampai) "San-ji made benkyo shita. (Saya belajar sampai jam 3:00.)"
  5. "ni" Menunjukan target kegiatan (Ke, di, pada) "Nihon ni itta. (Saya pergi ke Jepang) Tokyo ni tsuita. (Saya tiba di Tokyo)"
  6. "ni" Menunjukan waktu kegiatan (Sampai jam, pada jam). "San-ji ni tsuita. (Saya tiba pada jam 3:00.)"
  7. "e" Menunjukan arah kegiatan "Tokyo e itta. (Saya pergi ke Tokyo.)"
  8. "de" Menunjukan bagaimana kegiatan berlangsung, menunjukan tempat, cara, atau kondisi kegiatan (Di dalam, dengan, oleh, di, pakai). "Bosuton de benkyo shita. (Saya belajar di Boston.) Takushi de itta. (Saya pergi kesana dengan taksi.) Foku de tabeta. (Saya makan pakai garpu.)"
  9. "no" Menunjukan kepunyaan"Mary no hon (Buku Mary) Nihongo no hon (Buku bahasa jepang)"
  10. "to" (dan) " Sushi to sashimi o tabeta. (Saya makan sushi dan sashimi.)"
  11. "to" (dengan) "Jon ga Marl to utatta. (John menyanyi dengan Mary)"
  12. "ka" (atau) " Sushi ka sashimi otaberu. (Saya akan makan sushi atau sashimi.)'
Semoga Bermanfaat ...!! :-)
Partikel dalam kalimat bisa lebih dari 1 :
  • Mari ga kuruma de Tokyo e itta. (Mary pergi ke Tokyo dengan mobil)
  • Jon no otosan kara biru to osake to wain o moratta. (Saya menerima bir, sake dan anggur dari ayah John.)
Bahasa jepang tidak mengenal partikel untuk membedakan tunggal dan jamak.
Sumber ; (http://materibelajar.wordpress.com/2008/12/24/menyusun-kalimat-dalam-bahasa-jepang/)

1 comments so far

Arigatou gozaimasu. Sangat membantu!

Silahkan isi komentar anda disini..!
EmoticonEmoticon